بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Selasa, 18 Oktober 2011

Fotografi

Apa yang harus dipelajari dalam Khursus Fotografi ?? Menurut saya hanya dua, yaitu Teknis dan Komposisi



1. Teknis adalah memahami kamera dalam cara kerjanya menangkap cahaya untuk direkam. Tidak kamera saja, tapi tercakup juga aspek lain dari asesoriesnya, proses pencetakan, editing dll. Intinya hal yang berbau teknis

Di fotografi, lumayan banyak istilah teknis yang dipakai Belum lagi setiap vendor memiliki nama-nama yang berbeda untuk sebuah teknologi Banyak..!! Tapi jangan terlalu diambil pusing belajar memang seperti itu lambat laun, setiap istilah akan terkuak maknanya dan kita jadi lebih mengerti tetap konsisten belajar..!! Beberapa ilmu teknis diantaranya :

* mengenal kamera , lensa , sensor
* memahami exposure dan 3 elemen pentingnya : aperture , shutter speed , dan ISO / ASA
* memahami WhiteBalance (WB)
* asesories kamera dan fungsinya ( tripod , flash , lens filter dll )
* post editing ( photoshop etc )
* color management
* dll

2. Komposisi adalah bagaimana membuat / mengkomposisi sebuah obyek yang akan difoto menjadi menarik untuk dilihat Banyak faktor yang bisa membuat sebuah foto menjadi menarik diantaranya ketepatan momen, warna, posisi obyek, ekspresi obyek dll. Sebisa mungkin kita mengumpulkan sebanyak mungkin faktor-faktor tersebut ke dalam sebuah foto Masih bingung tentang komposisi ? mending baca aja langsung tip-tip mengenai komposisi di http://digital-photography-school.com/blog/category/composition-tips/.

Teknis dan Komposisi, kedua-duanya dibutuhkan untuk menghasilkan foto danFoto Liputan

yang berkualitas IMHO , pengetahuan akan komposisi lebih penting karena tidak akan pernah habis ide-ide untuk menghasilkan foto yang unik / berkualitas Lain halnya pengetahuan teknis Bisa mentog atau habis , bisa didapat dari User Manual atau tutorial yang ada Penguasaan komposisi tidak mungkin diperoleh kecuali dari latihan jepret terus menerus Melatih mata untuk melihat momen yang ada , menunggu waktu yang tepat , mem-visualisasi-kan target akhir yang kita inginkan dsb


Namun pengetahuan teknis juga hendaknya tidak ditinggalkan Istilahnya kita belajar mobil kita sudah tahu teorinya sehingga ketika berkendaraan sudah pakai feel , tinggal jalan. Begitupun dengan penggunaan kamera Ketika momen bagus itu datang , jangan sampai hasilnya tdk optimal gara-gara setting kamera yang salah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar